Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi
Busuu dalam pembelajaran bahasa inggris dapat meningkatkan kemampuan
menyimak siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Takalar.
Metode penelitian ini difokuskan pada penelitian pra-experimental dalam
satu kelas dan penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Galesong Selatan
Takalar. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Galesong Selatan
Takalar pada tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 285 siswa. Jumlah sampel
sebanyak 22 siswa dari kelas VIII-E. Data diperoleh dari tes menyimak.
Setelah melakukan penelitian dan menganalisis data, penulis
menyimpulkan bahwa pengunaan aplikasi Busuu dapat meningkatkan
kemampuan menyimak siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa
dalam pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Busuu
secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa setelah
diberikan perlakuan. Skor rata-rata meningkat dari 60.77 pada pre-test menjadi
83.54 pada post-test. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (HA)
diterima dan tentu saja hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya aplikasi Busuu dapat
meningkatkan pemahaman menyimak siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris
di SMP Negeri 2 Galesong Selatan Takalar.