Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan
Contextaul teaching and learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata
Pelajaran PKn SDN 8 Rindingallo Kabupaten Toraja Utara. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif desain eksperimen semu dengan
rancangan one-group pretest-posttes design. Dengan sampel penelitian yaitu
siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan contextual
teaching and learning memiliki peluang lebih tinggi dalam meningkatkan hasil
belajar siswa dibanding dengan model pembelajaran ceramah dan hanya sekedar
mencatat pelajaran. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata siswa sebelum dan
sesudah diberi perlakuan dengan menggunakan pendekatan Contextual teaching
and learning Dengan demikian dapat disimpulkan pendekatan Contextual
teaching and learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran PKn kelas V SDN 8 Rindingallo Kabupaten Toraja Utara.