Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan strategi kebijakan dan
faktor yang mempengaruhi program pembelajaran sistem online pada siswa SDN 186
Inpres Bontomanai. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, serta
analisis dokumen melalui penelitian di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Maros dan
SDN 186 Inpres Bontomanai. Model analisis yang digunakan yaitu teknik analisis
menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara
bersamaan, antara lain reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan
verifikasi.
Hasil penelitian menjukkan bahwa: (1) keberhasilan srategi kebijakan dalam
penerapannya siswa mempunyai inisiatif untuk tetap mendukung kegiatan belajar
daring, namun cukup berat untuk menyesuikan aturan online ini, dikarenakan proses
belajar secara online muncul rasa malas terhadap dirinya. Dapat di generalisasi kalau
ada efek yang membuat menurunnya pembelajaran siswa bukan dikarenakan sistem
belajar daring akan tetapi lebih kepada perangkat pendukung pengaplikasian sistem
belajar daring mulai dari, jaringan internet, smart android bagi guru dan siswa serta
juknis penggunaan aplikasi belajar online yang sedikit saja yang paham; (2) faktor
yang mempengaruhi kesiapan dalam kebijakan program pembelajaran sistem online,
ditunjukkan konsistensi disdik sulsel dalam mendukung pelaksanaan sistem belajar
online serta para guru dan siswa SDN 186 Inpres Bontomanai. Responsivitas atau
daya tanggap terhadap Trategi penerapan proses pembelajaran sistem online, terlihat
pada kepedulian pemerintah terhadap kebutuhan dan kepentingan masyarakat dalam
menyesuaikan arahan dari pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah. Kemudian
SDN 186 Impres Bontomanai dalam pengaplikasian strateginya tidak terlepas dari
aturan pusat namun tetap mempertimbangkan antara regulasi-regulasi yang ada dan
tingkat ekonomi peserta didik.