DSpace Repository

STRATEGI PEMBELAJARAN ONLINE DI KECAMATAN CENRANA KABUPATEN MAROS

Show simple item record

dc.contributor.author SALEH, AHMAD
dc.date.accessioned 2022-11-15T02:33:52Z
dc.date.available 2022-11-15T02:33:52Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other 4517021045
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/2157
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan strategi kebijakan dan faktor yang mempengaruhi program pembelajaran sistem online pada siswa SDN 186 Inpres Bontomanai. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, serta analisis dokumen melalui penelitian di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Maros dan SDN 186 Inpres Bontomanai. Model analisis yang digunakan yaitu teknik analisis menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, antara lain reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menjukkan bahwa: (1) keberhasilan srategi kebijakan dalam penerapannya siswa mempunyai inisiatif untuk tetap mendukung kegiatan belajar daring, namun cukup berat untuk menyesuikan aturan online ini, dikarenakan proses belajar secara online muncul rasa malas terhadap dirinya. Dapat di generalisasi kalau ada efek yang membuat menurunnya pembelajaran siswa bukan dikarenakan sistem belajar daring akan tetapi lebih kepada perangkat pendukung pengaplikasian sistem belajar daring mulai dari, jaringan internet, smart android bagi guru dan siswa serta juknis penggunaan aplikasi belajar online yang sedikit saja yang paham; (2) faktor yang mempengaruhi kesiapan dalam kebijakan program pembelajaran sistem online, ditunjukkan konsistensi disdik sulsel dalam mendukung pelaksanaan sistem belajar online serta para guru dan siswa SDN 186 Inpres Bontomanai. Responsivitas atau daya tanggap terhadap Trategi penerapan proses pembelajaran sistem online, terlihat pada kepedulian pemerintah terhadap kebutuhan dan kepentingan masyarakat dalam menyesuaikan arahan dari pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah. Kemudian SDN 186 Impres Bontomanai dalam pengaplikasian strateginya tidak terlepas dari aturan pusat namun tetap mempertimbangkan antara regulasi-regulasi yang ada dan tingkat ekonomi peserta didik. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Online en_US
dc.subject Siswa en_US
dc.title STRATEGI PEMBELAJARAN ONLINE DI KECAMATAN CENRANA KABUPATEN MAROS en_US
dc.title.alternative ( STUDI PADA SDN NO. 186 INPRES BONTOMANAI ) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account