Abstract:
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis
puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 35
Makassar. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan instrument yang digunakan
adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dokumentasi. Adapun analisis
data yang dalam penelitian ini adalah identifikasi data, reduksi data dan analisis
tahap akhir penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif,
dikemukakan bahwa 1) Pembelajaran menulis puisi bebas pada siswa kelas VIII
diperoleh hasil yang baik namun masih perlu dilatih; 2) Kesulitan dan hambatan
dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 35
Makassar ditinjau dari segi struktur fisik maupun batin puisi belum mampu. Hal
ini dibuktikan dari jumlah presentase siswa yang memperoleh nilai diatas 75
hanya sebesar 14% tidak sesuai dengan kriteria ketuntasan yaitu 75%; 3) Kendala
menulis puisi dan cara mengatasinya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 35
Makassar yaitu terutama pada punilsan kosakata dan juga dibatasinya waktu oleh
guru sehingga peserta didik tidak mampu berpikir dengan tenang. Cara
mengatasinya yaitu sering diberikan latihan lebih banyak dan diberikan
bimbingan khusus dalam menulis atau diulangi kembali penulisannya dan
diberikan arahan dan penjelasan tentang penggunaan ejaan yang baik, maka dapat
peneliti simpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP
Negeri 35 Makassar masih perlu dilatih, maka dari itu guru harusnya lebih
memperhatikan hal-hal yang mendukung dalam menulis puisi, faktor-faktor yang
mempersulit peserta didik dalam menulis puisi dan cara mengatasi kendala yang
dihadapinya.