ANALISIS PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 35 MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author AMRAN, ARJUNA
dc.date.accessioned 2022-11-18T01:37:07Z
dc.date.available 2022-11-18T01:37:07Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other 4517102002
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/2276
dc.description.abstract Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 35 Makassar. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan instrument yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dokumentasi. Adapun analisis data yang dalam penelitian ini adalah identifikasi data, reduksi data dan analisis tahap akhir penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dikemukakan bahwa 1) Pembelajaran menulis puisi bebas pada siswa kelas VIII diperoleh hasil yang baik namun masih perlu dilatih; 2) Kesulitan dan hambatan dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar ditinjau dari segi struktur fisik maupun batin puisi belum mampu. Hal ini dibuktikan dari jumlah presentase siswa yang memperoleh nilai diatas 75 hanya sebesar 14% tidak sesuai dengan kriteria ketuntasan yaitu 75%; 3) Kendala menulis puisi dan cara mengatasinya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar yaitu terutama pada punilsan kosakata dan juga dibatasinya waktu oleh guru sehingga peserta didik tidak mampu berpikir dengan tenang. Cara mengatasinya yaitu sering diberikan latihan lebih banyak dan diberikan bimbingan khusus dalam menulis atau diulangi kembali penulisannya dan diberikan arahan dan penjelasan tentang penggunaan ejaan yang baik, maka dapat peneliti simpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar masih perlu dilatih, maka dari itu guru harusnya lebih memperhatikan hal-hal yang mendukung dalam menulis puisi, faktor-faktor yang mempersulit peserta didik dalam menulis puisi dan cara mengatasi kendala yang dihadapinya. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Menulis Puisi en_US
dc.subject Siswa en_US
dc.title ANALISIS PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 35 MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account