Abstract:
Bukaan median pada jalan Letjen Hertasing dan jalan Tun Abdul Razak
untuk gerakan U-Turn, sering mengakibatkan kemacetan. Penelitian ini
dilakukan bertujuan untuk mengetahui karakteristik arus lalu lintas dan kinerja
U-Turn di ruas jalan tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi
kepada pemerintah Kota Makassar dan pemerintah Kabupaten Gowa dalam
mengambil suatu kebijakan pada ruas jalan tersebut. Metodologi yang
digunakan pada penelitian ini menggunakan MKJI 1997. Berdasarkan
perhitungan kinerja ruas pada kondisi saat ini, Untuk jalan Letjen Hertasning
mempunyai nilai derajat kejenuhan tertinggi yaitu 0,89 sehingga dikategorikan
masuk dalam tingkat pelayanan jalan E pada jam 17.00 – 18.00 WITA dan
menyebabkan panjang antrian sampai 280 meter. Untuk jalan Tun Abdul Razak
mempunyai nilai derajat kejenuhan tertinggi yaitu 1,17 sehingga dikategorikan
masuk dalam tingkat pelayanan jalan F pada jam 17.00 – 18.00 WITA dan
menyebabkan panjang antrian sampai 784 meter.