Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan
penggunaan aplikasi ELSA Speak dalam pembelajaran Bahasa Inggris mampu
meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas delapan di UPT SPF SMPN 17
Makassar.
Penelitian ini difokuskan pada penelitian pra-eksperimen dalam satu kelas
pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 17
Makassar pada tahun akademik 2021/2022 yang terdiri dari 165 siswa. Peneliti
mengambil satu kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VIII yang terdiri dari
33 siswa. Data diperoleh dari tes kemampuan berbicara saat melakukan dialog
pada pre-test dan post-test.
Dapat disimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan
aplikasi ELSA Speak mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa yang
meliputi tata bahasa, isi, pengucapan, kosakata dan kefasihan. Hal ini dapat dilihat
pada skor rata-rata siswa pada pre-test yaitu 57.03 dan meningkat menjadi 76.30
pada post-test. Artinya, penggunaan aplikasi ELSA Speak dalam pembelajaran
Bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 8.3 di UPT
SPF SMPN 17 Makassa