Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana gambaran Pelaksanaan Pelayanan Administrasi untuk
aspek perencanaan pada SMP Negeri di Kecamatan Burau, (2) gambaran Pelayanan Administrasi untuk aspek
pengorganisasian pada SMP Negeri di Kecamatan Burau, (3) Gambaran Pelaksanaan Pelayanan Administrasi untuk aspek
pelaksananaan pada SMP Negeri di Kecamatan Burau, dan (4) gambaran Pelaksanaan Pelayanan Administrasi untuk aspek
pengawasan pada SMP Negeri di Kecamatan Burau. Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif. Fokus penelitian ini adalah
penyelenggaraan SPM pada SMP Negeri di Kecamatan Burau dengan membandingkan SPM yang telah ditetapkan dengan
mengukur efektifitas penyelenggaran sesuai dengan indikator-indikator SPM yaitu: kurikulum, peserta didik, ketenagaan,
sarana dan prasarana, organisasi, pembiayaan, rencana pengembangan sekolah, peranserta masyarakat. Sumber data utama
adalah: kepala sekolah, guru, pegawai administrasi. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi dan
observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh
adalah aspek perencanaan pengelolaan pendidikan terlaksana cukup baik yang mencakup: perencanaan, pengorganisasian,
pelaksanaan dan pengawasan terhadap pengelolaan pendidikan di Sekolah Menengah Negeri di Kecamatan Burau,
sebagaimana yang tertuang dalam Pelayanan Administrasi, guna pencapaian tujuan masing-masing sekolah yang telah
ditetapkan sebelumnya baik pencapaian visi, misi, dan sasaran yang dikehendaki