Abstract:
Penelitian ini dilakukakn dengan tujuan untuk mengetahui Penggunaan
Model Pembelajaran Course Review Horay Dalam Meningkatkan Hasil Belajar
PKn Siswa Kelas III SD Negeri 133 Tamporan Kabupaten Tana Toraja. Jenis
penelitian ini eksperimen Pre-Eksperimental Design,True-Eksperimental Deseign,
Factorial Experimental dan Quasi Eksperimental Deseigm Nonequivalent Control
Group Design yaitu mempunyai kelompok kontrol kemudian memberikan tes
setelah adanya perlakuan dengan menggunakan model Course Review Horay.
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III sebanyak 19 siswa. Penelitian
dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengambilan tes, observasi yang
dianalisis dalam analisis statistik deskriptif dan statistif diferensial. Data juga
deperoleh dari rumus Taraf signifikan untuk menerima atau menolak
keputusan normal atau tidaknya suatu distribusi data adalah dengan
membandingkan nilai Asymp Sig (2- tailed) dengan nilai 𝛼 = 0,0 bahwa model 5.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dari Penggunaan Model
Pembelajaran Course Review Horay Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pkn
Siswa Kelas III SD Negeri 133 Tamporan Kabupaten Tana Toraja. Hal ini dapt
dilihat diperoleh data Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan
menggunakan rumus uji t, dapat diketahui bahwa nilai thitung sebesar 6.601.
Dengan frekuensi(dk) sebesar 19-1 = 18, pada taraf signifikansi 5% diperoleh
ttabel = 2.10. Oleh karena thitung > ttabel pada taraf sigfinikansi 0,05, maka
pengaruh model Course Review Horay mempengaruhi hasil belajar PKn.