Abstract:
Penelitian yang dilakukan pada bulan April 2022 sampai Juli 2022 di
Sekolah Dasar Advent Durian di Kecamatan Losari Kota Makassar. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan siswa terhadap sistem
pembelajaran daring dan juga untuk mengetahui dampak pembelajaran daring
pada anak kemudian juga untuk mengetahui peranan orang tua dan guru dalam
proses pembelajaran daring di Sekolah Advent Durian Makassar. Metode
penelitian yang dilakukan dimulai dengan penentuan jenis penelitian, lokasi
penelitian, teknik pengumpulan data, analisis data dan keabsahan data. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi,
wawancara dengan informan dan melakukan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring
menunjukkan beberapa dampak yang terjadi pada sistem belajar siswa di sekolah
advent yaitu anak menjadi bosan, kurangnya interaksi, anak menjadi malas, dan
merindukan teman dan guru. Disamping keempat dampak tersebut peran guru dan
orang tua dalam proses pembelajaran anak sangat diperlukan.