Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana terlaksananya
sistem pelayanan pada PT Pos Indonesia, mencari faktor internal dan eksternal
yang berkonstribusi dalam terhadap pelayanan jasa pengiriman pada PT Pos
Indonesia, kemudian memformulasikan alternatif strategi dalam pelayanan jasa
pengiriman sebagai upaya menarik minat lebih banyak masyarakat dan
meningkatkan kualitas yang mampu menyaingi perusahaan pesaing lainnya.
Informan yang ada dalam penelitian ini terdiri dari pegawai dan
pelanggan dari Kantor Pos Indonesia Makassar 90000. Metode yang digunakan
pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini
merujuk pada strategi pelayanan jasa pengiriman, baik yang sedang
diimplementasikan oleh Pos Indonesia maupun strategi yang direkomendasikan
melalui analisis SWOT sesuai dengan kondisi PT Pos Indonesia.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa sistem
pelayanan yang diterapkan di PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Makassar
sudah cukup memenuhi standar-standar pelayanan dan dilakukan dengan baik.
Strategi yang sedang diterapkan oleh Pos Indonesia yaitu melakukan promosi
dengan teknologi modern saat ini, mengembangkan produk-produk layanan
mengikuti keinginan pelanggan, mempertahankan loyalitas pelanggan dengan cara
tetap menjaga amanah dan selalu dipercaya serta menjunjung sikap ramah, sopan,
dan disiplin. Melalui strategi-strategi tersebut, dapat diketahui bahwa Pos
Indonesia mampu bersaing dan bertahan ditengah-tengah arus persaingan bisnis
saat ini. Kemudian berdasarkan analisis tabel IFAS dan EFAS, ditemukan bahwa
posisi perusahaan sedang berada pada kuadran ke-1, dimana Pos memiliki
kekuatan yang besar sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.