Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemui dikelas
satu Sekolah Dasar yaitu dalam proses kegiatan belajar membaca permulaan, masi
banyak siswa yang belum bisa membaca karena belum mengenal huruf.
Pelaksanaan belajar membaca permulaan diawali dengan pengenalan huruf
kepada siswa, dilaksanakan dengan menggunakan media belajar yang menarik
agar siswa semangat dalam belajar. Penggunaan media Puzzle huruf untuk
membantu siswa mengenal huruf agar siswa bisa membaca.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan media
puzzle huruf untuk mengembangkan kemampuan membaca siswa kelas I UPT
SPF SD Inpres Galangan Kapal II. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kuantitatif desain eksperimen dengan rancangan one group
pretest-posstest design. Populasinya adalah kelas I UPT SPF SD Inpres Galangan
Kapal II dengan sampel berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian uji-t diperoleh t hitung
> t tabel diperoleh hasil (30,02 > 2,056) maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa media Puzzle huruf efektif untuk
mengembangkan kemampuan membaca siswa kelas I UPT SPF SD Inpres
Galangan Kapal II.