Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan penggunaan
media pembelajaran kartu kata dalam Peningkatan kemampuan membaca pemula
siswa kelas I SD Negeri 1Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Tondon Kecamatan Tondon
Kabupaten Toraja Utara. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Pendekatan yang dipilih dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif,
subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SD Negeri 1 Tondon Kecamatan Tondon
Kabupaten Toraja Utara, dengan jumlah siswa sebanyak 22 terdiri dari 12 siswa
laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus.
Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes,
observasi, dokumentasi. Data aktivitas siswa diperoleh dari hasil kegiatan
membaca pemula siswa pada siklus 1 pertemuan 1 dan 2 belum berhasil, tetapi
pada siklus II pertemuan 1 dan 2 mengalami peningkatan dan dikategorikan
berhasil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media
pembelajaran kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca pemula
siswa kelas 1 SD Negeri 1 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara