Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran status sosial ekonomi
orang tua siswa sekolah dasar di Kecamatan Rappocini Kota Makassar, (2)
mengetahui gambaran hasil belajar IPS siswa kelas IV sekolah dasar di Kecamatan
Rappocini Kota Makassar, (3) mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang
tua terhadap hasil belajar IPS siswa sekolah dasar di Kecamatan Rappocini Kota
Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian
kuantitatif adalah sebuah penelitian dimana data penelitian yang dikumpulkan
berbentuk angka-angka dan bermaksud menguji hipotesis yakni apakah terdapat
pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa Sekolah
Dasar di Kecamatan Rappocini. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IV Sekolah
Dasar di Kecamatan Rappocini. Subjek penelitian ini adalah 51 siswa. Teknik yang
digunakan dalam penarikan sampel yaitu purposive sampling. Hasil penelitian
diperoleh bahwa status sosial dan ekonomi orang tua berada pada kategori sangat
tinggi. Melalui uji t diketahui bahwa status sosial ekonomi orang tua berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa di Kelas IV Sekolah Dasar
di Kecamatan Rappocini. Dengan demikian terdapat pengaruh status sosial
ekonomi orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa Sekolah Dasar di Kecamatan
Rappocini.