dc.contributor.author | WAHYUNI, EMA WULANDARI | |
dc.date.accessioned | 2022-11-23T03:36:50Z | |
dc.date.available | 2022-11-23T03:36:50Z | |
dc.date.issued | 2022 | |
dc.identifier.other | 4620106008 | |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/2418 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran status sosial ekonomi orang tua siswa sekolah dasar di Kecamatan Rappocini Kota Makassar, (2) mengetahui gambaran hasil belajar IPS siswa kelas IV sekolah dasar di Kecamatan Rappocini Kota Makassar, (3) mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa sekolah dasar di Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian kuantitatif adalah sebuah penelitian dimana data penelitian yang dikumpulkan berbentuk angka-angka dan bermaksud menguji hipotesis yakni apakah terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Rappocini. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Rappocini. Subjek penelitian ini adalah 51 siswa. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel yaitu purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh bahwa status sosial dan ekonomi orang tua berada pada kategori sangat tinggi. Melalui uji t diketahui bahwa status sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa di Kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Rappocini. Dengan demikian terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Rappocini. | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS BOSOWA | en_US |
dc.subject | Status sosial ekonomi orang tua | en_US |
dc.subject | hasil belajar | en_US |
dc.subject | pembelajaran | en_US |
dc.title | PENGARUH STATUS SOSIAL DAN EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSSAR | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |