Abstract:
Digitalisasi pendidikan menjadi topik hangat yang
banyak dibahas oleh publik pada beberapa bulan terakhir.
Bukan tanpa sebab karena terjadi perubahan pelayanan
pendidikan yang bisa dibilang sangat drastis. Sayangnya,
masih banyak pihak yang merasa kesulitan untuk
menjalankan kegiatan pembelajaran secara online. Akan
tetapi, siap atau tidak, digitalisasi pendidikan harus segera
direalisasikan demi terlaksananya pendidikan 4.0.
Menghadapi tantangan tersebut, maka pendidikan
dituntut untuk berubah. Pendidikan yang dimaksud adalah
pendidikan yang bercirikan pemanfaatan teknologi digital
serta Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Salah satu
teknologi yang mengalami perkembangan yang sangat pesat
adalah perkembangan teknologi komputer yang telah
mengalami evolusi yang sangat cepat.
Hal inilah yang akan diterapkan di dunia pendidikan
yang melibatkan guru sebagai garda terdepan yang harus
selalu mengupgrade kompetensinya dalam menghadapi era
pendidikan 4.0. selain itu, guru bukan hanya dituntut untuk
memberikan pembelajaran kepada siswa melainkan guru juga
harus mengikuti perkembangan era revolusi industri 4.0 guna
meningkatkan kualitas pembelajaran.
Desain peningkatan kualitas pembelajaran ini
merupakan upaya peningkatan kualitas peserta didik yang
pada akhirnya meningkatkan kualitas Pendidikan di
Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, maka diperlukan
sebuah buku pegangan guru yang memberikan keterampilan
mengembangkan pembelajaran yang berorientasi pada
keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuannya untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran yang pada akhirnya
akan meningkatkan kualitas lulusan peserta didik.