Abstract:
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
hangman game dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa SMPN
19 Makassar.
Penelitian ini merupakan penelitian Experimen yang didasarkan
pada pengetahuan kosakata siswa. Populasi penelitian ini adalah kelas
VII-Unggulan SMPN 19 Makassar dengan jumlah sampel 35 siswa.
Penelitian ini berlangsung pada bulan Maret tahun 2015. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pemberian test melalui pre-test dan
post-test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode
Hangman Game dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris dapat
meningkatkan kosakata siswa pada SMPN 19 Makassar yang artinya
bahwa dengan menggunakan Hangman Game dapat membawa dampak
positif yang sangat baik. Dengan demikian penerapan Hangman Game
dalam penelitian ini dapat dikatakan cukup berhasil karena dapat
meningkatkan kosakata siswa yang semula masih rendah menjadi baik.