Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan
menulis puisi dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dalam
pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian
adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang
pelaksanaannya terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri atas empat
tahapan. Tahapan dalam setiap siklus tersebut adalah perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. seluruh siswa kelas IX-12 SMP Negeri
23 Makassar jumlah siswa kelas IX-12 terdiri dari 39 siswa, diantaranya
siswi perempuan 26 orang dan siswa laki-laki 13 orang.
Hasil pengelolahan data membuktikan bahwa terjadi peningkatan
kemampuan menulis puisi dengan menggunakan strategi pembelajaran
inkuiri siswa kelas IX-12 SMPN 23 Makassar. Pada siklus I belum
mencapai indikator yang ditetapkan karena 9 siswa atau 25,00% dari
jumlah siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas sehingga jika
dihubungkan dengan nilai ketuntasan minimal yaitu 85% ke atas
memperoleh nilai 75 ke atas, maka penelitian ini dinyatakan belum
meningkat sehingga perlu dilakukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus
II nilai yang diperoleh 33 siswa atau 86,84% yang mencapai nilai 75 ke
atas sehingga jika dihubungkan dengan nilai ketuntasan, maka penelitian
ini dinyatakan meningkat.