Abstract:
Penelitian ini menggambarkan penerapan prinsip good governance di Kota
Makassar. Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana penerapan prinsip good
governance dalam pelayanan publik dilaksanakan dan apa yang menjadi hambatan
dalam penerapan penerapan prinsip good governance tersebut.
Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kota Makassar. Pengumplan
data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Narasumber dalam
penelitian ini tidak hanya pegawai Dinas Pendidikan Kota Makassar, Kepala Dinas
Dinas Pendidikan Kota Makassar, tetapi juga masyarakat yang ikut serta dalam
menganalisa kinerja Dinas Pendidikan Kota Makassar. Data-data dikumpulkan,
dibandingkan dan dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Penerapan Prinsip Good Governance di Dinas Pendidikan Kota
Makassar sudah berjalan cukup baik terutama dalam hal akuntabilitas, transparansi,
efektivitas dan efisiensi kinerja.