Abstract:
Tujuan penelitian Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel
kepempinan tranformasional dan variabel motivasi kerja terhadap kinerja pegawai
pada PT Pegadaian Area Makassar 1 dan Untuk mengetahui dan menganalisis
variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada PT
Pegadaian Area Makassar 1
Objek penelitian adalah PT Pegadaian Area Makassar 1. Metode analisis
yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap dimensi kerja pegawai pada PT Pegadaian Area
Makassar 1. Dibuktikan dengan melihat thitung > ttabel 1.625 dan signifikansinya
0.007 < 0.05, Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
dimensi kerja pegawai pada PT Pegadaian Area Makassar 1 . Dibuktikan dengan
melihat thitung 3.744 > ttabel 1.625 dan nilai signifikansinya 0.001 < 0.05, variabel
yang dominan berpengaruh terhadap kinerja pegawai adalah variabel X1 atau
kualitas pelayanan. Dengan melihat nilai thitung tertinggi dan kualitas pelayanan
dan dimensi kerja secara simultan mempengaruhi kinerja pegawai pada
PTPegadaian Area Makassar 1. Dengan melihat fhitung 88.752 > ftabel 3.19 dengan
taraf signifikansinya 0.000 (0.000 ≤ 0.000).