Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pelayanan Pajak
Kendaraan Bermotor di Kantor SAMSAT Wilayah I Makassar. Penelitian ini
bersifat deskriptif kualitatif dimana kantor SAMSAT Wilayah I Makassar dipilih
sebagai lokasi penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan metode survey
dengan tujuan untuk memperoleh data dan informasi yang akurat menggunakan:
wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sumber data yaitu data primer dan data
sekunder. Data primer terdiri dari hasil wawancara dengan informan kunci
berjumlah 5 orang. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, pengabsahan data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dengan fokus 1) Bagaimana prosedur pelayanan
SAMSAT sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yaitu cukup mudah
namun kurang optimal karena kurangnya sosialisasi pada sistem pembayaran
unggulan yang disediakan. 2) Bagaimana kualitas pelayanan pajak kendaraan
bermotor di kantor SAMSAT Wilayah I Makassar yaitu memuaskan namun
pelayanan belum dapat dikatakan optimal, dilihat dari indikator (a) organisasi,
kemampuan aparat, dan sistem pelayanan.