DSpace Repository

PERANAN KINERJA PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA LARANTUKA DI KABUPATEN FLORES TIMUR

Show simple item record

dc.contributor.author GRACIA KELEN, MARIA
dc.date.accessioned 2021-04-21T01:53:08Z
dc.date.available 2021-04-21T01:53:08Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other 4514021001
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/256
dc.description.abstract Meningkatnya angka kelahiran di masyarakat yang menyebabkan bertambahnya jumlah penduduk menjadi tugas bagi pemerintah daerah untuk mengatur administrasi kependudukan dengan cara mendata penduduk atau warga terutama untuk yang baru lahir. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan suatu badan atau instansi pelaksana yang bertugas menata dan menerbitkan dokumen serta data kependudukan melalaui pendaftaran penduduk. Pendaftaran penduduk adalah pencatatan biodata penduduk, pencatatan atas pelaporan peristiwa kependudukan dan pendataan tentang administrasi kependudukan serta penerbitan dokumen kependudukan berupa kartu identitas atau surat keterangan kependudukan. Dengan demikian, selain pendataan yang dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku tetapi juga harus sesuai dengan tugas, pokok, dan fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Larantuka serta peran pegawaipun menjadi tolak ukur untuk menciptakan pelayanan yang baik serta kinerja yang optimal. Agar pelayanan terhadap masyarakat optimal maka perlu dilakukan peningkatan kinerja Pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Larantuka . Dalam penelitian ini beberapa masalah dirumuskan sebagai berikut : 1) Bagaimana pelayanan pegawai Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil dalam pembuatan akta kelahiran. 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan bentuk penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui tiga metode yaitu wawancara, observasi , dan dokumentasi. Teknisk analisis data yang digunakan adalah teknik analisis siklus atau interaktif. Validitas data yang digunakan adalah dengan memadukan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta dalam melayani pembuatan akta kelahiran sudah cukup baik. 2) indikator-indikator untuk meningkatkan kinerja adalah (a) hasil kerja (b) tanggung jawab (c) kedisiplinan (d) kemampuan (e) penghargaan (f) fasilitas. 3) faktor penghambat kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta adalah kurangnya pegawai dalam pelayanan administrasi, kurangnya pemahaman masyarakat terhadap prosedur atau persyaratan yang diberikan, dan lingkungan kerja pegawai terutama di bidang pencatatan sipil yang kurang kondusif. Sedangkan untuk faktor pendorong kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Larantuka adalah (a) kedisipilinan pegawai yang cukup baik (b) Motivasi kerja pegawai yang tinggi (c) Adanya pengawasan langsung dari kepala bidang atau atasan (d) sarana dan prasarana yang lengkap (e) Kemampuan pegawai yang sudah sesuai dengan bidang kerjanya masing-masing. en_US
dc.publisher Universitas Bosowa en_US
dc.subject Peranan Kinerja Pegawai en_US
dc.subject Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil en_US
dc.title PERANAN KINERJA PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA LARANTUKA DI KABUPATEN FLORES TIMUR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account