Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) linieritas
pendidikan guru SD di Kecamatan Bontoala, (2) kompetensi pedagogik guru SD
di Kecamatan Bontoala, (3) pengaruh linieritas pendidikan guru terhadap hasil
belajar siswa SD di Kecamatan Bontoala, (4) pengaruh kompetensi pedagogik
guru terhadap hasil belajar siswa SD di Kecamatan Bontoala. Penelitian ini
menggunakan penelitian kuantitatif yaitu menggunakan penelitian korelasional
dengan sampel penelitian sebanyak 60 guru dari total 258 guru. Data dalam
penelitian ini dikumpulkan dengan teknik kuesioner pada skala: (1) linieritas
pendidikan guru, (2) kompetensi pedagogik guru dan dokumentasi pada skala
hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji T dan
analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh linieritas pendidikan dan kompetensi pedagogik guru
terhadap hasil belajar siswa di SD Kecamatan Bontoala Kota Makassar.