Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan sistem manajemen mutu
terpadu dalam pengelolaan pendidikan dan untuk mengetahui faktor-faktor
penghambat penerapan sistem manajemen mutu terpadu dalam pengelolaan
pendidikan di SMP Negeri 1 Aesesa. Tipe penelitian yang di pergunakan adalah
deskriptif,dasar penelitian yang di gunakan adalah metode survey,pengumpulan
data di lakukan dengan menggunakan teknik observasi,kousioner dan wawancara.
Hasil Penelitian yaitu 1) SMP Negeri 1 Aesesa memiliki komitmen yang
kuat dalam meningkatkan mutu terpadu dalam pengelolaan pendidikan.
Komitmen ini dapat terlihat dari visi, misi dan tujuan sekolah yang direncanakan
sejak awal, yang kini berorientasi pada sumber daya manusia yang berkualitas
tinggi. 2) Pelayanan akademik yang diberikan SMP Negeri 1 Aesesa cukup baik,
walaupun terdapat kekurangan pada sumber daya manusia yang ada, khususnya
tata usaha. Namun SMP Negeri 1 Aesesa selalu berusaha dalam meningkatkan
mutu pendidikan dan melakukan perbaikan secara terus menerus melalui
pendidikan, pelatihan, pengawasan, serta pengarahan kepada guru dan staf. 3)
Dalam menjalankan pendidikan, SMP Negeri 1 Aesesa berusaha untuk memenuhi
kepuasan pelanggan (siswa, orang tua siswa dan masyarakat sebagai pengguna
jasa pendidikan), dengan mengadakan sarana dan prasarana yang baik, tenaga
pendidik dan kependidikan yang berkompeten, serta sistem pembelajaran yang
menyenangkan bagi siswa.
Dalam proses pendidikan/pembelajaran di lembaga pendidikan sekolah.
sarana dan prasrana merupahkan suatu usaha yang di arahkan untuk mewujudkan
suasana belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotifasi
siswa belajar dengan baik sesuai dengan kemampaun dan kelengkapan sarana
yang ada,namun hal ini masi terdapat kendala dari pihak sekolah maupun
pemerintah.