DSpace Repository

ANALISIS PENGGUNAAN DIKSI KESANTUNAN BERBAHASA PADA PROSES PEMBELAJARAN KELAS VIII-1 UPT SPF SMP NEGERI 35 MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author SENO, KARMIL DIALSI S.
dc.date.accessioned 2022-12-02T08:51:08Z
dc.date.available 2022-12-02T08:51:08Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other 4518102010
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/2603
dc.description.abstract Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik rekam pada saat proses pembelajaran. Untuk mendalami santun atau tidaknya suatu tuturan yang terjadi pada saat proses pembelajaran di kelas VIII-1 UPT SPF SMP Negeri 35 Makassar, dilihat berdasarkan teori kesantunan berbahasa oleh Geoffrey Leech yaitu maksim kearifan (tact maxim), maksim kedermawanan (generosity maxim), maksim pujian (approbation maxim), maksim kerendahan hati (modesty maxim), maksim kesepakatan (agreement maxim) dan maksim kesimpatian (sympathy maxim). Terdapat 5 rekaman proses pembelajaran yang dituturkan oleh guru dan siswa pada proses pembelajaran dan ditemukan 132 pematuhan tuturan kesantunan dan 73 pelanggaran tuturan kesantunan. Dengan pematuhan terbanyak terdapat pada maksim kearifan 66 pematuhan dan pelanggaran terbanyak pada maksim pujian 36 pelanggaran tuturan kesantunan. Dengan demikian tingkat kesantunan berbahasa pada proses pembelajaran kelas VIII-1 UPT SPF SMP Negeri 35 Makassar berdasarkan data yang didapat sebesar 64,3%. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Diksi en_US
dc.subject Kesantunan Berbahasa pada Proses Pembelajaran en_US
dc.title ANALISIS PENGGUNAAN DIKSI KESANTUNAN BERBAHASA PADA PROSES PEMBELAJARAN KELAS VIII-1 UPT SPF SMP NEGERI 35 MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account