Abstract:
Penelitian bertujuan mendeskripsikan pengaruh pembelajaran daring di
masa pandemi terhadap hasil belajar siswa SD 006 parondobulawan. Jenis
penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif.
Adapun subjek penelitian yakni siswa kelas V SD 006 Parondobulawan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh pembelajaran di
masa pandemi terhadap hasil belajar siswa SD 006 parondobulawa. Hal ini dapat
dilihat dari pendampingan daring seperti itu akan berakibat negatif terhadap
perkembangan siswa. Dampak negatif terhadap perkembangan siswa yaitu siswa
lebih tidak peduli atau terkesan meremehkan terhadap setiap tugasnya. Selain itu,
siswa juga lebih banyak menggantungkan diri terhadap bantuan orang lain
sehingga menjadi kurang mandiri. Pada akhirnya kondisi siswa yang kurang
mandiri tersebut juga akan sering membuat walimurid kesulitan saat mengarahkan
siswa untuk menyelesaikan setiap tugas dan tanggung jawab di sekolanya.