Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang proses
pelayanan publik dalam pengurusan Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk
di Kelurahan Batu Kecamatan Manggala Kota Makassar. Serta untuk mengetahui
faktor – faktor yang mempengaruhi pelayanan publik dalam pengurusan Kartu
Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk di Kelurahan Batu Kecamatan Manggala
Kota Makassar.
Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Batua, Kecamatan Manggala,
Kota Makassar penelitian ini dilakukan dari bulan Juli sampai dengan September
2016. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif dengan
menggunakan pendekatan Studi Kasus yaitu melihat objek penelitian sebagai
kesatuan yang terintegrasi, yang penelahannya kepada satu kasus dan dilakukan
secara intensif, mendalam, mendetail, dan komprehensif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Transparansi Pelayanan publik
dalam pengurusan KTP dan KK di Kelurahan Batua, Kecamatan Manggala, Kota
Makassar sudah berusaha dengan baik dalam kualitas pelayanan untuk
memberikan kepuasan kepada masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari kualitas
pelayanannya sudah baik dari aspek prosedur dan mekanisme yang mudah,dan
tidak berbelit-belit, serta rincian biaya atau tarif pembuatan Kartu Tanda
Penduduk dan Kartu Keluarga yang tidak mahal dan bisa di jangkau oleh seluruh
lapisan masyarakat, Sikap aparatur dalam memberikan pelayanan kepada
masyarakat sudah cukup ramah dan sopan, dan Tersedianya sarana pelayanan
yang memadai. Adapun hambatan yang dihadapi dalam Transparansi Pelayanan
Publik KTP dan Kartu Keluarga di Kelurahan Batua, Kecamatan Manggala, Kota
Makassar yakni dipengaruhi oleh Sumber Daya Aparatur, Kesadaran Masyarakat
dan Sarana dan Prasarana yang belum memadai.