Abstract:
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan Video
Pembelajaran dapat berpengaruh terhadap Kemampuan membaca siswa sehingga
siswa dapat membaca dan memahami isi bacaan.Penelitian ini adalah penelitian
eksperimen yang dilakukan pada siswa SD Kristen Elim Kota Makassar kelas dua
yang berjumlah 93 siswa sebagai populasi. Sample penelitian ini adalah siswa
kelas dua yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan video pembelajaran yang di uji di SD Kristen Elim Kota Makassar
berhasil. Ini dapat dilihat dengan hasil nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu nilai
rata-rata posttest lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest. Nilai rata-rata
posttest yaitu 59,79 sedangkan nilai rata-rata pretest yaitu 87,5 dan penelitian
pelaksaaan juga menggunakan uji hipotesis. Dapat kita lihat uji hipotesis yaitu
pada outpot pertama diperlihatkan hasil ringkasan statistik deskriptif dari kedua
sampel atau data pretest dan postest, dimana mean pretest sebelum diberi
perlakuan yaitu 62.0833 dan mean postest setelah diberi perlakuan yaitu 87.5000.
pada outpot kedua, di mana nilai signifikan sebesar 0,00 ≤ 0,05 yang
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil pretest dan
postest sehingga dapat dikatakan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran berpengaruh
terhadap kemamapuan membaca siswa kelas II SD Kristen Elim Kota Makassa