Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media
Card Board Game terhadap hasil belajar IPS siswa SD Inpres Bertingkat Butung
Kota Makassar. Penelitian ini di laksanakan di SD Inpres Bertingkat Butung Kota
Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain
penelitian Pre-experimental One-Group Pretest-Posttest Design, yaitu
memberikan tes sebelum adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah
adanya perlakuan dengan menggunakan media Card Board Game. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 15 orang. Teknik pengambilan
sampel yaitu purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan
pertimbangan tertentu. Proses analisis data menggunakan rumus uji-t. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa media card board game berpengaruh secara
signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa SD Inpres Bertingkat Butung Kota
Makassar. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil belajar siswa yang mengalami
peningkatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh
Media Card Board Game Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD Inpres Bertingkat
Butung Kota Makassar.