dc.description.abstract |
Strategi Pengembangan Usaha Produksi Madu Lebah Trigona Biroi
merupakan suatu komoditi yang merupakan hasil hutan bukan kayu, yang mulai
dikenal masyarakat sekitar untuk dibudidayakan karena memiliki prospek yang
sangat menjanjikan.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana
faktor-faktor internal dan eksternal pada perusahaan Madu Lebah Trigona Biroi
dan merekomendasikan strategi yang tepat dalam Pengembangan Usaha Produksi
Madu Lebah Trigona Biroi di Desa Mattaropuli. Penelitian ini dilaksanakan pada
bulan April sampai Mei 2022. Informasi terdiri atas 5 orang. Data penelitian ini
terdiri dari data primer dan sekunder.
Berdasarkan Matriks Analisis SWOT, IFAS, EFAS dan perhitungan
alternatif strategi maka hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang tepat
untuk diterapkan adalah strategi SO ( Strategi-Opportunities ) yaitu strategi yang
dilakukan dengan memanfaatkan kekuatan internal yang dimiliki untuk
menemukan peluang eksternal yang ada. Hasil dari Matriks Internal-Eksternal ( IE
Matriks) menunjukkan bahwa bisnis berada pada posisi sel V Pertumbuhan. Jadi
kesimpulan dari penelitian ini adalah jika strategi SO ( Strategi-Opportunities )
diterapkan , maka usaha produksi madu lebah trigona biroi dapat mengalami
peningkatan keuntungan. |
en_US |