Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang
signifikan dari penggunaan aplikasi Microsoft Teams terhadap keterampilan
berbicara siswa kelas XII SCIENCE 1 SMAN 18 Makassar tahun ajaran
2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dalam satu kelas
pre-test dan post-test melalui tes berbicara. Sampel terdiri dari 25 siswa yang
diambil dari populasi kelas XII SCIENCE 1 SMAN 18 Makassar tahun ajaran
2022/2023. Dalam melakukan analisis data, penulis menggunakan aplikasi SPSS
v.25. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan
berbicara siswa yang dapat dilihat dari 5 penilaian berbicara yaitu pengucapan,
tata bahasa, kosakata, kefasihan, pemahaman. Nilai rata-rata siswa meningkat dari
47.20 pada pre-test menjadi 84.48 pada post-test. Hal ini menunjukkan bahwa
hipotesis H1 diterima dan hipotesis H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis data,
penulis menyimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa berpengaruh melalui
aplikasi Microsoft Teams.