Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan U-Dictionary
sebagai media dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa di SMPN
35 Makassar. Data diperoleh dari tes menyimak. Penelitian ini menggunakan
metode pre-experimental dengan rancangan penelitian one group pre-test and
post-test desaindengan pendekatan kuantitatif. Pupulasi penelitian ini adalah siswa
kelas XI.2 di SMPN 35 Makassar tahun ajaran 2020/2021. Peneliti menggunakan
teknik cluster random sampling. Jumlah sampel sebanyak 32 siswa dari kelas
XI.2.
Setelah melakukan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan
U-Dictionary sebagai media dapat meningkatkan kemampuan mendengar siswa.
Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pre-test and post-test siswa. Nilai ratarata pre-test siswa adalah 61.25 dannilai rata-rata post-test siswa adalah83.48
Perbedaan signifikan antara t-test 14.08 lebih tinggi dari pada t-table 2.040 pada
level of significance 0.05 dan the degree of freedom (df = 31). Hasil post-test
lebih tinggi dari pada pre-test. Berarti terdapat peningkatan yang signifikan
terhadap kemampuan mendengarkan siswa.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMPN 35 Makassar, dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pembelajaran siswa
menggunakan U-Dictionary. Hal itu dapat dilihat berdasarkan nilai post-test siswa
dalam pengajaran menyimak yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pre-test
siswa dalam pengajaran menyimak yang menggunakan U-Dictionary