Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran role playing terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 240
Baddo-Baddo Kabupaten Maros.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan
penelitian One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan
analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
penerapan model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar PKn siswa
kelas IV SDN 240 Baddo-Baddo Kabupaten Maros, dibuktikan dengan hasil
analisis statistik deskriptif yang menunjukkan hasil belajar siswa meningkat
dilihat dari nilai rata-rata pada hasil pretest sebesar 31,15 dan nilai rata-rata pada
hasil posttest sebesar 61,53. Berdasarkan analisis statistik inferensial diperoleh
hasil uji “t” yang menunjukkan nilai t hitung lebih besar t tabel atau 8,5 lebih besar
2,064 dengan taraf signifikan 0,05, sehingga hipotesis alternatif ( ) yang
menyatakan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran role playimg
terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 240 Baddo-Baddo kabupaten
Maros. Dilihat dari hasil tersebut disarankan menggunakan model pembelajaran
role playing dalam proses belajar mengajar