Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui upaya untuk mendeskripsikan efektivitas
media Big Book terhadap keterampilan membaca siswa kelas Kelas II SD Negeri 2
Rantepao. Penelitian ini dilaksanaan di SD Negeri 2 Rantepao (Toraja Utara) tahun
ajaran 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design
dalam bentuk one-grub pretest-posttest. Dimana sampel terdiri dari satu kelas yang
berjumlah 26 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pretest dan posttest
dimana tes dilakukan berupa tes lisan membaca. Adapun proses analisis data yang
menggunakan rumus uji-t.
Hasil penelitian ini untuk uji-t diperoleh t hitung > t tabel atau 5,956 1,708 maka H0
ditolak dan H1 diterima dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat
efektivitas media Big Book terhadap keterampilan membaca siswa kelas II SD Negeri
2 Rantepao (Toraja Utara). Pengujian N-gain dengan hasil 0,68 kategori sedang yang
artinya penerapan penggunaan media Big Book efektif terhadap keterampilan
membaca