Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengetahui faktor-faktor apa saja
yang mempengaruhi pengembangan objek wisata Danau Tendetung dan bagaimana
strategi pengembangan objek wisata Danau Tendetung di Kabupaten Banggai
Kepulauan.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan pendekatan
kuantitatif dengan proses pengambilan data melalui kegiatan observasi, dokumentasi
dan survey kuesioner dimana penarikan samplenya menggunakan metode purpose
sampling. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji
analisis regresi linier berganda dan analisis SWOT.
Dari hasil uji analisis regresi linier berganda yang telah dilakukan dapat
disimpulkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh signifikan dalam pengembangan
objek wisata Danau Tendetung adalah variabel atraksi/daya tarik wisata, sarana
wisata, prasarana wisata, promosi dan hospitality. Kemudian dari hasil analisis SWOT
diperoleh konsep pengembangan objek wisata Danau Tendetung yaitu memadukan
konsep pengembangan pariwisata alam, pariwisata budaya, dan pariwisata buatan
sebagai konsep utama dalam pengembangan objek wisata Danau Tendetung
sebagai pariwisata andalan daerah, memberikan peluang investasi dan
mempermudah segala proses perizinan dalam hal pembangunan untuk mengait
perhatian pihak swasta dalam berkontribusi pada pengembangan objek wisata Danau
Tendetung, meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendukung wisata guna
mendorong pengembangan kawasan dan meningkatkan daya saing serta daya tarik
wisatawan untuk berkunjung, perlunya upaya promosi dalam pengembangan objek
wisata Danau Tendetung melalui pelaksanaan event-event lokal hingga dengan
event-event kabupaten sebagai media promosi terhadap masyarakat luas, serta
perlunya perlibatan peran serta masyarakat dalam pengelolaan wisata guna dapat
meningkatkan hospitality masyarakat dan mendorong peningkatan lapangan kerja di
sektor pariwisata