DSpace Repository

STUDI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DANAU (STUDI KASUS: DANAU TENDETUNG DI KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN)

Show simple item record

dc.contributor.author MAPPA, YUSTIKASARI
dc.date.accessioned 2022-12-12T08:00:02Z
dc.date.available 2022-12-12T08:00:02Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other 45 18 042 019
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/2844
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengembangan objek wisata Danau Tendetung dan bagaimana strategi pengembangan objek wisata Danau Tendetung di Kabupaten Banggai Kepulauan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif dengan proses pengambilan data melalui kegiatan observasi, dokumentasi dan survey kuesioner dimana penarikan samplenya menggunakan metode purpose sampling. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji analisis regresi linier berganda dan analisis SWOT. Dari hasil uji analisis regresi linier berganda yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh signifikan dalam pengembangan objek wisata Danau Tendetung adalah variabel atraksi/daya tarik wisata, sarana wisata, prasarana wisata, promosi dan hospitality. Kemudian dari hasil analisis SWOT diperoleh konsep pengembangan objek wisata Danau Tendetung yaitu memadukan konsep pengembangan pariwisata alam, pariwisata budaya, dan pariwisata buatan sebagai konsep utama dalam pengembangan objek wisata Danau Tendetung sebagai pariwisata andalan daerah, memberikan peluang investasi dan mempermudah segala proses perizinan dalam hal pembangunan untuk mengait perhatian pihak swasta dalam berkontribusi pada pengembangan objek wisata Danau Tendetung, meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendukung wisata guna mendorong pengembangan kawasan dan meningkatkan daya saing serta daya tarik wisatawan untuk berkunjung, perlunya upaya promosi dalam pengembangan objek wisata Danau Tendetung melalui pelaksanaan event-event lokal hingga dengan event-event kabupaten sebagai media promosi terhadap masyarakat luas, serta perlunya perlibatan peran serta masyarakat dalam pengelolaan wisata guna dapat meningkatkan hospitality masyarakat dan mendorong peningkatan lapangan kerja di sektor pariwisata en_US
dc.publisher Universitas Bosowa
dc.subject Sstrategi pengembangan objek wisata en_US
dc.subject objek wisata danau en_US
dc.title STUDI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DANAU (STUDI KASUS: DANAU TENDETUNG DI KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account