Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-control terhadap perilaku
aggressive driving pada dewasa awal di Kota Makassar yang melibatkan 410
responden pengendara dewasa awal di Kota Makassar. Instrumen penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu skala self-control scale yang berdasarkan dari
teori self-control (Tangney et a, 2004) yang telah diadaptasi oleh Asriyanto (2021)
dengan nilai reliabilitas 0.804. selanjutnya skala yang digunakan yaitu aggressive
driving behavior scale yang berdasarkan teori dari (Houston & Harris, 2003) yang
telah diadaptasi oleh Albab (2021) dengan nilai reliabilitas 0.764. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana pada
aplikasi IBM SPSS 21.0. Hasil analisis diperoleh nilai signifikan (p=0,04;p=<0.05)
self-control mempengaruhi aggressive driving sebesar 20% dengan arah pengaruh
negatif. Hal ini bermakna bahwa hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak.