PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SELAMA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V UPT SPF SD NEGERI DAYA I KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author NURDIANA
dc.date.accessioned 2022-12-13T03:17:51Z
dc.date.available 2022-12-13T03:17:51Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other 4518103049
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/2882
dc.description.abstract Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan metode korelasi. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas V B yang berjumlah 27 siswa. Sedangkang metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Keaktifan belajar bahasa Indonesia sangat diperlukan untuk terciptanya pembelajaran yang interaktif, aktif dan hasil belajar yang maksimal. Kondisi pembelajaran bahasa Indonesia dewasa ini kurang diperhatikan oleh guru dan dianggap mudah. Lebih banyak menggunakan pendekatan yang menekankan pada metode belajar konvensional dan mengerjakan soal sehingga kurang mampu merangsang siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang “Pengaruh Keaktifan Belajar Siswa Selama Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V UPT SPF SD Negeri daya 1 Kota Makassar”. Dari hasil penelitian, berdasarkan pengisian angket dan lembar observasi tentang keaktifan siswa selama proses pembelajaran bahasa Indonesia dapat disimpulkan bahwa keaktifan siswa di kelas V adalah bervariasi atau berbeda-beda. Adapun hasil analisis data mengenai keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa diperoleh kesimpulan yaitu ada pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa selama proses pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Daya 1 Kota Makassar, dari perolehan hasil perhitungan korelasi product moment dengan rhitung sebesar 0,4414. Hasil product moment tersebut lebih besar dari nilai rtabel pada taraf signifikan 5% dengan nilai 0.3809. Hal ini menunjukan hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject PENGARUH en_US
dc.subject KEAKTIFAN en_US
dc.subject HASIL BELAJA SISWA en_US
dc.title PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SELAMA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V UPT SPF SD NEGERI DAYA I KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account