Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan memperoleh data dan
informasi mengenai hubungan antara efikasi diri dan kreativitas siswa terhadap
hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar dengan jumlah
sampel 34 siswa. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan
observasi dan kuesiner. Pengujian validasi instrumen diukur berdasarkan kriteria
validitas yang menyatakan jika instrument dinyatakan valid, dan jika instrumen
dinyatakan tidak valid. Diketahui bahwa tabel menggunakan taraf signifikan
dengan mempermudah menguji validitas tiap-tiap butir soal pada intrumen angket.
Hasil penelitian tentang hubungan antara efikasi diri dan kreativitas
belajar siswa dengan hasil belajar IPA menunjukkan adanya hubungan positif
dengan tingkat hubungan pada kategori sedang. Hal ini berarti bahwa semakin
tinggi efikasi diri dan kreativitas belajar siswa maka hasil belajar IPA juga akan
semakin meningkat.