Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah: “Untuk mengetahui apakah strategi pemasaran
produk tabungan Simpedes dapat meningkatkan jumlah nasabah pada PT. BRI Unit
Mallusetasi Kabupaten Barru.”
Jenis penelitian yang digunakan berupa kuantitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah menyebarkan kuesioner kepada 30 orang nasabah sebagai
Sampel penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis SWOT
dengan mengidentifikasi berbagai faktor internal dan eksternal perusahaan yaitu
analisis faktor internal (kekuatan dan kelemahan) serta faktor eksternal (peluang
dan ancaman) yang kemudian dirumuskan pada Diagram Cartesius, Matriks
Internal, Eksternal dan Matriks Swot.
Dari hasil analisis pada Diagram Cartesius nampak bahwa posisi produk
tabungan simpedes terletak pada Growth sel I yang menunjukkan bahwa produk
tabungan simpedes menghadapi beberapa peluang dan mempunyai berbagai
kekuatan yang mendorong untuk mendapatkan peluang-peluang tersebut. Dan
posisi produk tabungan simpedes pada posisi tumbuh dan dikembangkan yang
merupakan posisi kompetitif pasar yang sangat kuat yang berdaya saing tinggi.