Abstract:
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah ada faktor
yangmenyebabkansiswacemasdalamberbicarabahasainggrissetelahmelakukanpenil
itian pada siswa kelas VIII-8 di SMPN 24 Makassar Tahun ajaran 2022/2023.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif dengan menggunakan kuesioner public speaking class anxiety scale.
Kecemasan siswa dalam berbicara yang telah mengisi kuisioner untuk
mengumpulkan data. Sampel pada penelitian ini adalah kelas delapan sebanyak
27siswa.Random sampling merupakan metode yang digunakan untuk memilih
sampel dari populasi.Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat faktor yang
membuat siswa cemas dalam berbicara.Skor dari faktor rasa malu adalah 225.Itu
menunjukkan bahwa dalam semua faktor angka dari skor rasa malu adalah yang
tertinggi dari semua faktor.Skor dari factor kurangnya persiapan adalah 55. Itu
menunjukkan bahwa dalam semua faktor angka dari skor kurangnya persiapan
adalah yang terendah dari semua faktor.Itu artinya kurangnya persiapan adalah
faktor yang tertinggi yang membuat siswa cemas dalam berbicara dikelas delapan
di SMPN 24Makassar