Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model flipped
classroom terhadap keterampilan menulis siswa kelas XI SMA Negeri 18
Makassar.
Penelitian ini difokuskan pada penelitian pra eksperimental one group pretest post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 18 Makassar
yang berjumlah 270 siswa. Teknik random sampling digunakan untuk mengambil
satu kelas sebagai sampel penelitian yang berjumlah 30 siswa. Data diperoleh dari
tes menulis.
Hasil penelitian ini menggunakan analisis inferensial uji-t dengan SPSS
v.16, yang menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap skor rata-rata
keterampilan menulis siswa antara pretest dan post-test. Nilai rata-rata tulisan
siswa meningkat dari 52,33 pada pretest menjadi 82,03 pada posttest. Nilai
signifikansi hitung 0,000 lebih kecil dari 0,05 (P-value = 0,000 < 0,05). Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa model flipped classroom berpengaruh
terhadap keterampilan menulis siswa kelas XI SMA Negeri 18 Makassar.