Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui eefektivitas
teknik Learning and Making Note dalam keterampilan menyimak berita siswa
kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian eksperimen dengan desain penelitian Posttest-only control design yang
melibatkan kelompok kelas yang diambil secara random. Pada kelompok pertama
disebut sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan teknik learning and
making note dan setelah diberi perlakuan dilakukan tes dan kelompok kedua
disebut kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan, akan tetapi tetap diberikan
tes. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.1 sebanyak 30 siswa dan kelas
VIII.3 sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian
adalah tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan
teknik learning and making note dalam pembelajaran menyimak berita siswa
kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar. Dapat dilihat dari hasil perhitungan yang
terdapat pada lampiran yang diperoleh t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu
3,771≥0.2144. Karena t-hitung besar dari t-tabel, maka hipotesis HI diterima dan
hipotesis HO ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan dalam penggunaan teknik learning and making note
pada siswa kelas VIII SMPN 35 Makassar.