Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh dari celebrity
worship terhadap perilaku konsumtif pada ARMY di masa dewasa awal. Adapun
hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh celebrity worship terhadap
perilaku konsumtif pada ARMY di masa dewasa awal. Responden pada penelitian
ini berjumlah 445 ARMY di masa dewasa awal. Adapun instrument penelitian
yang digunakan pada skala ini adalah Skala Perilaku Konsumtif yang telah
dikonstruksi oleh Wati Simalango yang mengacu pada aspek-aspek Angel,
Blackwell, & Miniard (2018) dan skala celebrity worship yang telah dimodifikasi
oleh Fara Dila. Penelitian ini dianalisis menggunakan teknik regresi linier
sederhana. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil uji
hipotesis didapatkan hasil yaitu terdapat pengaruh celebrity worship terhadap
perilaku konsumtif pada ARMY di masa dewasa awal. Celebrity worship dapat
memberikan pengaruh pada perilaku konsumtif pada ARMY di masa dewasa awal.
Hal itu dilihat dari nilai kontribusi sebesar 15.3% dan arah pengaruh bernilai
positif, artinya semakin tinggi perilaku Celebrity Worship maka semakin tinggi
juga perilaku konsumtif yang dimiliki oleh ARMY