Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui dampak positif dari
penggunaan smartphone. (2) Untuk mengetahui dampak negatif dari penggunaan
smartphone. (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan
smartphone terhadap motivasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Inpres Paropo Kota Makassar
sebanyak 100 siswa, dengan jumlah sampel 33 siswa. Adapun teknik pengambilan
sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket dan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas,
regresi linear sederhana, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa smartphone dapat mempengaruhi
motivasi belajar siswa SD Inpres Paropo Kota Makassar. Dampak positif, yaitu:
mempermudah komunikasi, hiburan dan memperluas jaringan persahabatan.
Dampak negatif, yaitu: smartphone mengganggu perkembangan anak, efek
radiasi, mempengaruhi sikap dan perilaku siswa. Peneliti disarankan kepada guru
dan orang tua siswa untuk senantiasa melakukan pengawasan dan mengontrol
siswa dalam menggunakan smartphone untuk pembelajaran.