Abstract:
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan data kualitatif,
untuk mendapatkan data dengan cara peneliti masuk dikelas pada saat proses
pembelajaran dan wawancara siswa dan guru. Hal ini dapat dilihat pada hasil
penelitian, bahwa saat guru menjelaskan materi siswa kadang kurang mengerti
dengan kosakata yang dilontarkan oleh guru sehingga siswa mempertanyakan
kembali apa maksud penjelasan itu, setelah dijelaskan kembali oleh guru maka
siswa dapat mengerti. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa di awal pembelajaran, yaitu guru selalu mempertanyakan materimateri apa yang telah dipelajari minggu lalu, menyampaikan tujuan pembelajaran
agar siswa tujuan mereka belajar dan siswa termotivasi dengan adanya tujuan
pembelajaran. Guru juga pasti selalu memberikan motivasi berbentuk kinerja
siswa yang diberikan berbentuk tugas PR dan nilai tambahan kepada siswa yang
berusaha menjawab pertanyaan dari guru. Guru memberikan memotivasi siswa
agar selalu belajar meskipun selama ini nilainya rendah itu karena siswanya saja
yang malas belajar atau rendah motivasi belajarnya.
Penulis menyimpulkan bahwa, upaya guru meningkatkan motivasi belajar siswa
pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VIII-1 UPT SPF SMP
Negeri 35 Makassar adalah sangat bagus, karena terjadinya motivasi belajar siswa
yang maksimal disebabkan oleh adanya upaya-upaya guru memberikan motivasi
belajar siswa secara bervariasi.