Abstract:
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk penggunaan media animasi pada
pembelajaran Bahasa Indonesia dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III
di SDI Paccerakkang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian PTK dengan desain
penelitian yang akan digunakan adalah perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan
refleksi. Pelaksanaan PTK ini direncanakan dua siklus. Siklus I pembelajaran
menggunakan media pembelajaran dan animasi untuk membuat karangan narasi,
dan siklus II digunakan untuk memperbaiki yang tidak memenuhi penanda
keberhasilan yang ditetapkan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III
sebanyak 25 orang. Penelitian dilaksanakan sebanayk 5 kali pertemuan. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara,
observasi, hasil tes belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa
ada penggunaa media animasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SDI Paccerakkang. Hal ini dapat
dilihat berdasrkan hasil analisis yang diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yaitu
pada siklus I adalah 0,4 sedangkan pada siklus II adalah 100. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan dengan adanya penggunaan media
animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.