Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media
pembelajaran power point terhadap hasil belajar siswa kelas IV UPT SPF SD
Inpres Galangan Kapal II. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
desain Eksperimen One Group pre-test post-test. Adapun populasinya adalah
kelas IVA dan IV B UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II dengan sampel kelas
IV B dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
teknik observasi, teknik dokumentasi, dan teknik test. Teknik analisis data
menggunakan uji hipotesis, uji normalitas, dan uji homogenitas.
Dari hasil analisis data terdapat perbedaan kemampuan siswa antara
kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan media power point dan
kelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan media power point. Hal tersebut
dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata
pretest. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil penelitian uji-t diperoleh t hitung
≥ t tabel diperoleh 16,048 ≥ 2,048 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran power point berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II.