Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat
pengaruh metode pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar
siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Inpres Buttatianang II
Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain
penelitian posttest-only Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa
kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV-B sebagai kelas kontrol.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji
homogenitas dan uji hipotesis. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS
versi 25 for windows. Hasil penelitian data uji hipotesis menggunakan uji-t
(Independent sampel t test) didapatkan nilai tHitung > tTabel yaitu 6,595 > 2,024
sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh metode pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil
belajar bahasa Indonesia kelas IV di SD Inpres Buttatianang II Makassar.